Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Pernah gak rekan-rekan pengunjung blog Tutorial Website ini kebingungan dalam menjelajah sebuah website? Bukan hanya kesasar ketika menjelajah tempat yang belum pernah kita kunjungi, di dalam sebuah website pun kita bisa kesasar. Hal ini biasanya kita alami ketika mengunjungi website baru yang isinya cukup padat. Padat dalam artian punya banyak konten dan mempunyai kedalaman isi yang cukup tinggi. Rasanya pasti pusing kan kalau kesasar? He3x.

Supaya pengunjung web kita tidak pusing karena kesasar, ada baiknya kita menyediakan sebuah peta bagi mereka. Peta itu biasa disebut sebagai peta situs. Istilah kerennya “Site Map”. Gunanya supaya pengunjung bisa melihat keseluruhan bagian (atau wilayah) website kita secara umum dan kemudian membuka bagian yang mereka butuhkan.

Kali ini saya akan memberikan tutorial website membuat site map pada Wordpress CMS. Kita akan membuatnya menggunakan plugin wordpress bernama Dagon Design Sitemap Generator (DDSitemapGen). Plugin ini akan membuat Site Map blog Wordpress CMS milik kita secara OTOMATIS. Berikut langkah-langkah membuat site map blog Wordpress CMS:
  1. Terlebih dahulu download plugin Dagon Design Sitemap Generator. Klik DI SINI untuk download plugin wordpress tersebut.
  2. Install plugin tersebut ke dalam Wordpress CMS Anda. Mohon Anda buka contoh cara instalasi plugin wordpress yang sudah pernah saya berikan DI SINI. Supaya tidak repost :).
  3. Login ke dashboard Wordpress CMS Anda. Aktifkan plugin DDSitemapGen tersebut.

  4. Setelah aktif, dibagian kiri kiri dashboard Anda akan melihat sebuah menu baru akan muncul. Menu tersebut bernama "DDSitemapGen". Silahkan Anda klik dan lakukan pengaturan seperlunya.

  5. Untuk memunculkan Site Map blog Anda, kita gunakan sebuah page. Untuk itu, klik menu Add New pada bagian Pages.
  6. Copy paste kode berikut sebagai isi dari page (halaman) baru tersebut. Ingat, Anda harus mengcopynya pada tab HTML, bukan Visual.


  7. Beri nama page baru misalnya dengan “Site Map”. Setelah itu klik tombol Publish. Pada blog Anda akan muncul sebuah menu halaman baru bernama “Site Map” yang berisi Site Map Blog Wordpress CMS Anda.
  8. Sebagai contoh silahkan buka di sini
Selmat mencoba..>!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]