Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]


Google PagerankPada postingan terdahulu saya sempat membahas mengenai "Seberapa Pentingkah Custom Domain Untuk Blogspot?" dan "Resiko Merubah Domain Blogspot Ke Custom Domain". Hal tersebut saya bahas karena sekitar beberapa bulan yang lalu saya telah memindahkan alamat blog ini dari http://komunitas-bantu-membantu.blogspot.com ke http://www.devbook.net. Dalam kedua postingan tersebut banyak sekali komentar yang masuk yang meragukan bahwa pagerank akan kembali seperti semula bila kita memindahkan alamat subdomain blogspot ke custom domain (domain berbayar).

Akhir januari 2011 kemarin google melakukan update pagerank secara besar-besaran. Alhamdulillah akhirnya blog ini kembali ke pagerank 3 setelah beberapa bulan yang harus "digebuk" google kembali ke pagerank 0 karena perubahan nama domain yang saya lakukan. Tapi setidaknya blog ini telah membuktikan bahwa merubah subdomain blogspot ke custom domain (domain berbayar) tidak akan menghilangkan traffic dan pagerank blog kita sebelumnya. Fiture redirect 301 (permanent) yang dimiliki blogger telah membuktikan bahwa walaupun kita merubah alamat blog kita, blogger akan tetap menjamin traffic dan backlink alamat blog kita sebelumnya ke alamat blog kita yang baru walaupun tentu saja membutuhkan proses untuk mengembalikan blog kita ke posisi semula. Untuk blog ini sendiri saya harus menunggu selama 6 bulan untuk kembali mendapatkan pagerank 3 yang sebelumnya "hilang".
Apa yang harus dilakukan untuk mengembalikan pagerank?
Jawabannya sangatlah simple yaitu cukup menunggu. Hal ini telah saya buktikan, selama 6 bulan saya sama sekali tidak menyebar link alamat blog baru saya, bahkan blog ini pun bisa dibilang sangat jarang sekali saya update selama 6 bulan kebelakang dikarenakan beberapa web project yang sedang saya kerjakan. Terhitung hanya 7 postingan yang saya lakukan selama 6 bulan setelah saya merubah blog ini ke custom domain. Bahkan kegiatan blogwalking pun sangat jarang saya lakukan selama 6 bulan kebelakang.

Jadi tunggu apa lagi? rubah alamat subdomain blogspot teman-teman sekarang juga ke custom domain sebelum terlambat. Silahkan baca postingan sebelumnya di "Seberapa Pentingkah Custom Domain Untuk Blogspot?" untuk mempelajari kenapa custom domain sangat penting untuk blog kita :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]