Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

 Dari dulu hingga sekarang masih banyak Blogger yang sukanya copy/paste begitu saja artikel blog lain *termasuk saya*. Hal ini tujuannya tentu saja untuk mendatangkan trafik besar, trafik besar disini = uang. Entah apa yang di-copy/paste, berita, tutorial, atau konten lainnya. Padahal kalau dilihat dari segi penulis asli artikel yang di-copy, pasti hal itu menyakitkan hati. Sudah bersusah payah menuliskan sesuatu agar dibaca, dipahami, dinikmati, dikenang, eh malah di-copy paste seenaknya tanpa memberikan link balik kepada yang menuliskan sebelumnya. Siapapun pasti sakit hatinya apabila dicopas tulisannya kan? Ya begitulah, copy/paste memang susah dihindari, susah dicegah. Hanya sebuah prinsip blogger itu sendiri yang bisa merubah semua itu.
Saya sebetulnya tidak mengajarkan copy paste sebenar-benarnya dalam tulisan ini. Namun mengajarkan copy/paste yang benar *halah*. Memangnya ada copy paste yang benar? Haha… Maafkan saya kalau agak ngawur dalam membahasakannya. Namun begitulah, disini akan saya tulis tips copy paste artikel blog tanpa melukai hati orang yang dicopas artikelnya.
Pertama, tahukah Anda tentang teori interteks? Teori ini mengajarkan kepada penulis tentang semua tulisan yang dibuat saat ini sebenarnya adalah berhubungan satu dengan yang lain. Dalam teori ini menganggap bahwa tidak ada tulisan “asli” yang bisa dibuat oleh manusia. Yang ada adalah tulisan-tulisan yang dipengaruhi oleh tuisan lainnya. Termasuk copy dan paste. Jadi apabila Anda menganggap tulisan yang Anda buat adalah asli buatan Anda, Anda salah. Anda pasti telah mengetahui sebelumnya tulisan/pokok pikiran yang Anda tulis itu.
Misalnya Anda menulis tentang perjalanan ke Jakarta. Anggap rumah Anda di Surabaya, jadi baru pertama kali pergi ke Jakarta. Anda menulis tentang naik kereta api Bima, jurusan Surabaya-Jakarta berangkat pukul 17.00 WIB. Anda melihat keramaian kota Surabaya di sore hari, sawah yang membentang luas antara Mojokerto-Jombang hingga akhirnya malam datang dan yang terlihat hanya lampu kecil berkelap kelip. Karena hawa dingin AC di dalam kereta Bima itu, akhirnya Anda tertidur pulas hingga sampai di Jakarta. Sesampainya di Jakarta pukul 06.00 WIB, pagi itu udara serasa sejuk di Jakarta. Anda lalu dijemput oleh saudara memakai mobil Mercedes yang mewah sekali. Anda senang, hingga pada akhirnya sampai di rumah saudara yang sangat besar.
Lihatlah, tulisan itu terkesan asli karangan Anda. Tak mungkin ada orang lain yang pernah melakukannya bukan? Namun coba lihat satu demi satu tulisan tersebut. Anda menulis kereta Bima berangkat pukul 17.00 sampai pukul 06.00, apakah itu tidak tertulis pada jadwal keberangatan kereta Bima? Anda menulis kalau lampu kelap kelip diantara malam, Anda pasti sudah mengetahui kata-kata itu sebelumnya, entah darimana, termasuk membayangkannya. Hawa dingin AC, setahu saya AC itu kalau tidak dingin ya sejuk. Saya sudah tahu hal itu sebelumnya, kalau Anda menuliskannya lagi, saya tahu itu pasti ada sumber yang pernah Anda ketahui sebelumnya dari tempat lain juga. Semua itu Anda rangkai menjadi sebuah cerita yang sangat indah, namun saya tahu Anda menuliskannya dengan sumber dari manapun juga.
Dengan dasar teori tersebut, saya mengajarkan tips copy paste yang baik untuk Anda. Sebelum menulis sebuah postingan dalam blog, cobalah membaca sebanyak-banyaknya artikel yang memiliki persamaan tema dan topik. Coba tulis sedemikian rupa dengan bahasa Anda sendiri, bumbui dengan komentar-komentar subyektif Anda tentang hal tersebut, namun tetap sejalur dengan tema tulisan. Banyak membaca banyak artikel yang tema dan topiknya sama, pasti pengetahuan Anda sangat banyak tentang hal tersebut bukan? Anda mengungkapkannya dengan bahasa sendiri tentu saja tidak sulit. Hal ini juga akan memperbanyak pengetahuan Anda, tidak ada salahnya dicoba. Namun kalau Anda lebih suka untuk langsung mem-block seluruh artikel dari blog lain lalu menekan tombol Ctrl+C kemudian kembali ke dashboard blog Anda dan menekan Ctrl+V, itu terserah Anda. *jangan berkilah, “saya pake klik kanan+copy, klik kanan+paste kok :p” ya??*
Tips terakhir, meskipun Anda menulis dengan bahasa sendiri, cobalah berbesar hati memberi link balik kepada penulis sebelumnya. Karena dia telah berjasa memberikan Anda inspirasi-inspirasi istimewa, sehingga Anda dapat menulis sesuatu yang jauh lebih baik. Semoga sedikit tips copy/paste ini bermanfaat untuk Anda. Apabila terdapat kritik dan saran, temui saya di kolom komentar ya?
Semoga semua teman blog yang menjadi inspirasi Sumber kami, kami ucapkan banyak2 terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]