Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Pengguna Facebook yang kian bertambah membuat semakin besar saja situs Web Milik Mark Zuckerberg ini. Di Indonesia saja penggunanya sudah mencapai lebih dari 45 juta orang. Jumlah tersebut menempatkan Indonesia sebagai pengguna FaceBook terbanyak kedua setelah Amerika Serikat.
Pengguna Facebook Indonesia diisi oleh beragam usia dan tingkat Pendidikan, sehingga sangat rentan terjadi pembajakan, pencurian akun itu sendiri yang berimplikasi pada kemanan data privasi pemilik akun. Berikut beberapa tips yang bisa di gunakan untuk mencegah pencurian dan pembajakan akun facebook. Pertama, Pastikan nama pengguna ( User name ) dan kata sandi (Password) yang kita gunakan benar-benar aman. jika terpaksa harus menggunakan pos-el ( E-mail) utama yang biasa kita gunakan benar-benar aman, tidak mudah ditebak oleh orang lain. disarankan untuk menggunakan angka akan lebih bagus jika dikombinasikan dengan simbol yang ada. selain lebih baik jika kita melakukan perubahan kata sandi secara berkala.
 Kedua :
Ketika akan Log in Facebook menggunakan peramban (Browser) di komputer, pastikan URL, atau alamat Facebook-nya benar, jangan sampai terjebak dalam situs tiposite.Tiposite merupakan situs palsu yang tampilannya di buat seolah-olah sepeti facebook.Modus tiposite biasanya meminta kita ( user ) untuk Log in terlebih dahulu, dengan begitu nama pengguna dan kata sandi bisa disimpan dalam basis data tiposite. Setelah Log in baru tiposite akan mengarahkan kita ke facebook asli kita, sehingga kita sebagai korban tidak menyadari bahwa kun facebook kita telah dicuri. cara mudah untuk membedakan mana situs asli dan palsunya hanya dengan melihat URL-nya. Pastikan alamatnya adalah Facebook.com dengan diawali protokol "https" yang digunakan untuk mengenkripsi saat pengiriman data.
Ketiga :
Banyak aplikasi dan permainan yang menarik di facebook, melainkan pihak ke tiga oleh karena itu kita harus lebih selektip memilih aplikasi atau permainan yang akan diikuti. Hal lain yang harus dihindari adalah mengklik URL aneh yang dikirimkan teman-teman kita. Bisa jadi akun facebook teman kita telah dibajak dan mencoba untuk  membajak juga akun kita. 
 Keempat :
Jika menggunakan Facebook di luarkomputer pribadi seperti di warnet aau internet corner pastikan bahwa komputer yang kita gunakan aman. Secara gamblangnya jangan lupa Log Out dari situs yang kita buka.
sangat disarankan untuk membersihkan data-data bekas penggunaan kita dalam komputre orang lain. dengan cara Clear Private data. dengan demikian orang setelah kita tidak akan melihat Log Account yang pernah kita gunakan.

Kelima :
 Keamanan pos-el sangat berkaitan erat dengan keamanan facebook. Oleh karena penggunaan pos-el juga harus benar-benar aman. ketika pos-el terbajakm maka akan sangat mudah membajak akun facebook, semisal dengan mereset kata sandi kemudian Log in namun ketika Facebook terbajak bisa jadi pos-el masih aman dan kita bisa mereset ulang kata sandi jika pembajak tidak merubahnya.
Ke enam :
Biasanya kita tidak hanya menggunakan komputer mengakses facebook, bisa juga dari gadget. jika suatu saat gadget kita hilang, segeralah mengubah informasi akun facebook dan pos-elnya sehingga pos-el dan facebook tetap aman.
Ke tujuh :
Luangkan waktu untuk membaca-baca berita tentang perkembangan tekhnologi ataupun menonton tayangan yang membahas tentang tekhnologi, khususnya yang berhubungan dengan  Facebook Kita.
Jika akun facebook
  terbajak, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengamankan pos-el, barangkali masih bisa digunakan. Selanjutnya adalah melaporkan kepada Facebook dengan mengunjungi dan mengisi Form di HTTP://www.Face-book.com/help, dan yang terakhir tidak ada  masalahnya kita meminta bantuan teman yang bisa dipercaya dan memp[unyai kemampuan teknis untuk mengembalikan akun facebook kita sehingga kita teap bisa ber-Facebook ria dengan aman.
Semoga Informasi ini dapat membantu teman-teman Bloger
Sumber :// Pikiran rakyat  Juni 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]