Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Adwords, apa itu? Adwords adalah program advertising (iklan) yang dikeluarkan oleh google sejak tahun 2002. Meski bukan merupakan program iklan yang pertama, namun program ini terbilang sukses. Baik bagi si pengguna ataupun si pemilik jasa yang tak lain adalah google.Seiring besarnya kebutuhan orang akan search engine, dimana google saat ini merupakan salah satu mesin pencari terbesar membuat program adwords sukses. Bagaimana tidak, ketika seseorang mengetik satu kata kunci di mesin pencari maka iklan yang dipasang sesuai dengan kata kunci itu akan muncul. Misalnya saja, saya yang menjual jasa pembuatan website di Bali, kalau saja punya budget untuk memasang iklan di google adwords maka saya akan memilih kata kunci, web, web desain, dan kata kunci yang berhubungan dengan desain web dan bali.
Ketika orang mengetik bali web desain atau web desain, maka iklan saya akan muncul. Namun ketika orang mengetik “free blogger template” maka iklan itu tak akan muncul.
Berikut contohnya :
Google Adwords Image
Keuntungan memakai Adwords :
- Si pengiklan bisa mendatangkan pengunjung ke situsnya dengan harga murah dan budget yang telah ditentukan.
- Trafik atau pengunjung yang datang adalah benar-benar targeted visitor.
- Anda hanya perlu membayar ketika iklan Anda di klik oleh orang yang sedang melakukan pencarian di google.
- Iklan Anda juga akan muncul di website yang ikut program adsense.
- Iklan muncul di sisi kanan (lihat gambar), dan tidak dimasukkan ke dalam hasil pencarian, sehingga akan menarik untuk dilihat yang ujung2nya akan di klik.
Bagi yang ingin segera mendaftar dan memiliki account di Google Adwords kunjungi halaman ini https://adwords.google.com/select/steps.html. Kalau nanti Anda bingung menentukan keyword apa yang akan dipakai dalam program tersebut, coba klik link ini https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal
Link ini juga bisa digunakan untuk menentukan keyword yang sesuai dengan web Anda.
Google Adwords tak cuma jadi monopoli penjual produk, tapi ada juga pemain google adsense yang ikut memasang iklan. Tujuannya? Ya, jelas untuk mendatangkan pengunjung. Pengunjung lebih banyak, berarti pemasukan lebih bagi mereka. Karena mereka memasang iklan dari pemasang iklan peserta google adwords di halaman webnya. Ada banyak contoh webmaster sukses yang mendatangkan ribuan dollar dalam sebulan. Contohnya, Cosa Aranda (http://www.cosaaranda.com/) dan bejibun Cosa Aranda lain di adsense-id.com (forumnya adsenser Indonesia).
Perkembangannya kini (mungkin sudah sejak lama) jasa SEO — Search Engine Optimisation – pun memanfaatkan program ini. Yah, jelaslah pekerjaan mereka jadi lebih gampang. Pasalnya web klien pasti muncul di halaman pertama tanpa perlu susah-susah membangun web yang baik. Membangun jaringan alias mencari link back, menaikkan peringkat web, pengoptimalan penggunaan tags dan keyword dalam halaman web klien, dan sebagainya. Dari sisi klien pun gak dirugikan, jadi menurut saya sah-sah saja jasa ini digunakan, meski ada yang hilang dalam jasa SEO itu. Yakni, seni optimisasi web di mata search engine.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]