Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Ketika seseorang mencari konten di internet melalui mesin pencari seperti Google misalnya, maka sistem Google akan mencari website yang cocok dengan kata kunci yang diketikkan oleh orang tersebut kemudian menampilkan website-website tersebut pada halaman hasil pencarian atau yang biasa disebut SERP (Search Engine Result Page). Bagaimana cara mesin pencari seperti Google memilih website yang sesuai dengan keyword yang dicari oleh orang tersebut? Sebuah mesin pencari mempunyai algoritma yang kompleks dalam memilih website-website yang sesuai dengan keyword pencarian untuk ditampilkan pada SERP. Salah satu yang dilihat oleh mesin pencari untuk mengetahui apakah website kita sesuai dengan keyword (kata kunci) pencarian adalah meta tag website yang kita defenisikan. Meta tag ini menjelaskan kepada mesin pencari secara singkat isi website kita.

Ada 2 jenis meta tag yang paling utama yang harus kita masukkan dalam website kita, yaitu:
  1. Meta Description : yang berisi uraian singkat yang menjadi deskripsi (yang menjelaskan) website kita.
  2. Meta Keyword : yang berisi kata-kata yang menjadi keyword (kata kunci) yang sesuai dengan website kita.
Kedua meta tag tersebutlah yang akan dilihat oleh mesin pencari sebagai salah satu faktor untuk menentukan apakah website kita sesuai dengan keyword pencarian.
Berikut langkah-langkah memasukkan meta tag tersebut ke dalam website kita:
  1. Buka template website Anda.

    • Untuk Blogspot, masuk ke dashbord Anda. Klik link Tata Letak, kemudian pilih subtab Edit HTML
    • Untuk Wordpress CMS, masuk ke dashbord Anda, kemudian pada bagian Appearance, klik Editor, kemudian buka header.php.
  2. Copy paste kode berikut ke dalam template Anda. Letakkan di antara kode <head> dan </head>. Lebih bagusnya letakkan di bawah tag <title>:
    <meta content='TULIS DESKRIPSI WEBSITE ANDA' name='description'/>
    <meta content='TULIS KATA KUNCI (KEYWORD) YANG SESUAI DENGAN WEBSITE ANDA' name='keywords'/>

    Ganti tulisan yang warna merah dengan desktipsi dan keyword yang sesuai dengan website Anda. Contoh:
    <meta content='Kumpulan tutorial web yang berisi tips dan trik blog seperti blogspot dan wordpress, serta panduan mendesain website menggunakan dreamweaver maupun dengan Joomla CMS secara lengkap dan free' name='description'/>
    <meta content='tutorial web, blog, blogspot, blogger, wordpress, download, HTML, CSS, photoshop, free, template, desain website, layout, panduan, e-book, tips, trik' name='keywords'/>
  3. Kemudian Save template tersebut.
Dengan membuat meta tag tersebut ke dalam website Anda, harapannya bisa mempermudah mesin pencari untuk mengenali website Anda dan menentukan bahwa website Anda cocok dengan kata kunci pencarian yang diketikkan oleh seseorang pada mesin pencari.
Sumber :http://tutorial-website.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]