Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]


Bagaimana menemukan posisi penempatan iklan adsense yang paling banyak di klik oleh pengunjung blog anda? Untuk menjawab persoalan ini, saya mencoba memberi jawaban dari percobaan sendiri, kisah dari para publisher sukses yang ada di blog resmi adsense dan dari beberapa tutorial. Dan posting ini merupakan lanjutan dan rincian dari 9 cara menaikan pendapatan adsense

Prinsip dasar Penempatan adsense yang banyak klik

Berdasarkan adsense support team dan ulasan di blog resmi adsense prinsip dasar penempatan iklan adsense secara umum adalah :
1. Posisi iklan di atas lebih baik dari pada di bawah. Biasanya iklan yang ditempatkan di atas posting atau di atas judul artikel lebih banyak dilihat dan tentunya mengarah ke banyak klik.
2. Posisi di kiri lebih baik dari pada di kanan. Secara umum, ketika pengunjung datang posisi pertama yang dia lihat adalah kiri atas seperti membaca buku.
3. Semakin dekat iklan dengan posting semakin sering pula iklan terlihat dan memiliki CTR tinggi.
Secara spesifik saya akan bahas di posting ini 3 jenis penempatan iklan adsense di header, Sidebar, dan Posting.

Penempatan Iklan Adsense di Header

Para blogger kaya mengungkapkan bahwa ternyata banyak  pengunjung yang suka mengklik gambar header yang besar. Dari sini dapat ada jadikan patokan untuk memasang iklan adsense di header pilih unit iklan gambar, dan hindari unit iklan teks.
Untuk pemasangan iklan link  di header kurang efektif. Jumlah klik iklan link adsense  di header bisa anda tingkat bila header anda memiliki gambar yang jelas, mencolok dan besar. Kalau header anda tanpa gambar alias hanya warna solid tidak akan ada artinya memasang iklan link.
Agar CTR header anda sempurna, Pilih  iklan adsense untuk ukuran format iklan yang besar misalkan ukuran 728×90, dan setting hanya menampilkan iklan gambar. kemudian di bawah unit iklan gambar tadi bisa anda tambahkan unit iklan link seukuran dengan iklan di header tadi.

Memasang Iklan adsense di sidebar

Bila blog anda memiliki 2 sidebar di kanan. Untuk sidebar pertama (sidebar kiri) pasang iklan unit adsense ukuran 160×600 atau 120×600 yang sesuai lebar sidebar dan setting agar hanya menampilkan iklan teks. Di bawahnya pasanglah satu widget yang menampilkan link ke artikel blog anda, seperti widget related postatau widget posting terbaru, link kategori – Ingat cukup pasang satu widget saja. Di bawah widget artikel tadi, pasang iklan link adsense. Anda bisa bereksperimen agar warnanya disamakan dengan warna teks di widget artikel atau memilih warna iklan yang mencolok dan berbeda.
Kalau blog anda hanya memiliki satu sidebar. Pasang iklan unit adsense di bagian atas. Setting agar hanya menampilkan iklan teks. Bila CTR yang di hasilkan kurang maksimal bisa dicoba memasang gambar di atas iklan tadi atau beberapa widget artikel blog.

Memasang Iklan adsense di posting

Untuk memasang iklan di posting ada 3 pilihan populer :
1. Memasang iklan format ukuran lebar seperti 300×250 atau 336×280 di atas judul posting. Biasanya iklan yang dipilih hanya menampilkan teks.
2. Memasang iklan unit adsense format ukuran besar tepat setelah judul posting. iklan yang ditampilkan bisa berupa gambar maupun teks. Namun menaruh iklan tepat di bawah posting bisa berpotensi melanggar TOS Adsense.
3. Memasang iklan adsense di tengah-tengah posting. Cara pemasanganya bisa menggunakan plugin ataupun dengan script php tertentu. Dan setting agar hanya menampilkan teks.
Dari ketiga posisi iklan di posting, yang paling banyak di klik adalah posisi no 3 dan no 1.
Mengenai teknis pemasangan iklan adsense di tengah-tengah posting akan di bahas pada posting lain.
Memilih tempat yang banyak klik
Anda bisa memasang iklan di tempat-tempat yang banyak klik dan terkadang tempat tersebut mungkin tidak anda sadari. Lalu bagaimana kita bisa mengetahui bahwa lokasi tersebut sering di klik pengunjung? Cara paling mudah adalah menggunakan alat Tracking click yaitucrazyeggCrazyegg sebetul berfungsi mengetahui aktifitas pengunjung anda di blog seperti google analytic dan alat tracking lainnya. kelebihan Crazyegg adalah bisa melaporkan tindakan klik pengunjung secara visual sehingga anda bisa mengetahui lokasi mana saja yang banyak diklik oleh pengunjung anda.

Memasang iklan adsense ala CTR Theme

Salah satu lagi teknik menambah banyak klik adsense adalah memasang iklan adsense berubah-rubah pada setiap halaman. Contoh teknik ini dipakai oleh CTRThemeCTRTheme memiliki settingan penempatan  iklan yang unik dan berbeda-beda di setiap halaman. Misalkan di dalam artikel posting CTRTheme bisa mengatur agar tampil 2 iklan di sebelah kiri, lalu 2 iklan di sebelah kanan, 2 iklan di bagian atas artikel dan terakhir 1 iklan di atas – 1 iklan di bawah. Contoh blog yang menggunakan CTRTheme.
Sebetulnya kita bisa mengatur iklan yang dipasang di sidebar bisa berubah-rubah seperti CTRTheme menggunakanPlugin Widget Context.

Dengan Plugin Widget Context kita bisa mengatur agar widget iklan yang kita pasang hanya di tampilkan pada halaman tertentu saja misalkan halaman post. sedangkan pada halaman page, tag content kita bisa pasang iklan format lain atau tanpa iklan.
Kunci sukses memasang iklan yang banyak klik
Sebetulnya tidak ada rumus pasti dalam menentukan posisi iklan agar banyak diklik. Apa yang saya tulis hanya berdasarkan kasus-kasus yang banyak terjadi dan sukses menambah jumlah klik. Namun yang jelas anda harus tetap memantau dan melakukan percobaan untuk mengetahui secara pasti mana posisi yang tepat untuk theme blog anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]