Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]


Disadari ataupun tidak, ponsel yang memiliki OS Symbian memiliki beberapa kekurangan pada System Operasinya. Selayaknya Windows, OS Symbian juga akan berjalan semakin lambat dalam jangka waktu tertentu. Entah karena kebanyakan data atau masih adanya bug di ponsel tersebut. Karena itu saya menyarankan selalu update firmware ponsel kamu setiap ada firmware terbaru. Kalau tidak ada firmware baru? Apa yang harus kita lakukan? HardReset. Itu cara paling ampuh mengatasi semua masalah yang terjadi pada sistem. Dengan hardreset, ponsel akan menghapus semua data yang ada, sehingga software ponsel akan kembali seperti pada kondisi pertama kali keluar dari pabrik.

Resikonya dengan melakukan hardreset?
Semua data yang tersimpan di memori ponsel akan terhapus, termasuk semua aplikasi yang ada. Walaupun ada aplikasi yang terinstall di memory card, kemungkinan besar aplikasi tersebut tidak akan bisa di jalankan. Karena itu, kalau ingin melakukan hardreset, siap siaplah kehilangan semua data dan aplikasi yang ada.
Untuk melakukan Hardreset, ada 2 cara yang saya tahu, itupun tergantung kondisi masalah yang kita alami.
Pertama, untuk ponsel dengan masalah, lambatnya sistem kinerja ponselnya, cukup melakukan hardreset dengan cara tekan *#7370# dari menu standby. Maka akan muncul notifikasi seperti pada gambar di samping, dengan menekan “Ya”, maka ponsel akan langsung melakukan hardreset. Dan semua data yang ada akan terhapus. Karena itu jangan lupa membuat cadangan data data ponsel.
Kedua, biasa kita kenal dengan Hardreset 3 jari, karena harus menekan beberapa tombol sekaligus untuk melakukan hardreset. Hardreset seperti ini di lakukan kalau ponsel gagal restart atau gagal booting atau ponsel tidak mau hidup saat di tekan tombol power. Contoh ponsel tidak mau hidup, biasanya kalau di tekan tombol power, hanya akan tampil layar putih kosong, lalu ponsel mati lagi.
Untuk ponsel symbian 2nd edition ataupun 3rd edition silahkan lakukan hardreset dengan cara menekan dan menahan tombol *, tombol Call (hijau), angka 3, dan juga tombol power. Tekan dan tahan 4 tombol tersebut sampai ponsel kembali hidup normal, mungkin gak bisa sekali jadi. Mungkin teman teman harus berusaha melakukannya beberapa kali sampai ponsel tersebut kembali restart dengan normal. Yang perlu di ingat mengenai tombol power, pada beberapa ponsel seperti Nokia E63, tidak ada tombol power khusus, karena tombol powernya menyatu dengan tombol call end/tombol merah. Kalau demikian adanya, berarti kita harus menekan dan menahan tombol *, tombol Call (hijau), angka 3, dan juga call end/tombol merah untuk melakukan hardreset.
Untuk ponsel Nokia 5230 / 5233 / 5235 / 5530 / 5800 / C6 / X6, mempunyai cara yang berbeda karena merupakan ponsel touchscreen. Untuk melakukan hardreset, silahkan tekan dan tahan tombol Call (hijau), Call end(merah), tombol kamera, dan juga tombol power.
Untuk ponsel Nokia N97 / Nokia N97 Mini, mempunyai cara yang berbeda lagi. Untuk melakukan hardreset, silahkan tekan dan tahan tombol Shift, Spasi, Backspace, dan juga tombol power.
Untuk ponsel Nokia N8, untuk melakukan hardreset, silahkan tekan dan tahan tombol Volume Down, tombol kamera, tombol menu, dan juga tombol power.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]