Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]


Kegiatan blogging tidak lepas dari pembaca yang setia, pembaca tersebut tentunya mempunyai keunikan dan ciri khas masing - masing. Nah bagaimana caranya kita mengumpulkan dan menargetkan siapa yang akan menjadi guest kita?. Sangatlah mudah untuk menentukan siapakah pembaca kita jika anda mengenal blog anda sendiri. Mengapa?, karena isi blog anda yang dapat memancing para pembaca berdatangan ke blog anda. Seperti layaknya koran atau majalan yang biasanya menargetkan siapakah pembaca mereka, maka blog pun demikian.

Menurut saya blog secara umum terbagi menjadi beberapa kategori yaitu umum, blog tutorial, blog bisnis.

Blog Umum / General Blog

Jenis blog jenis ini biasanya adalah jenis blog yang berisikan tentang pengetahuan umum, opini, pendidikan , maupun berita. Kebanyakan dari blog bertipe umum adalah blog copas (Copy Paste), makanya mereka bisa memposting hingga puluhan artikel tiap harinya. Biasanya jenis blog yang paling tinggi trafficnya diantara semua jenis blog. Terkadang blog ini dapat didatangi hingga 10 ribu pengunjung tiap harinya. Hal tersebut memang wajar, karena blog ini bisa dibaca oleh orang tua, anak muda, anak - anak , lelaki maupun perempuan.

Tips Untuk General Blog
Tips yang saya berikan adalah
  1. Anda harus terus posting minimal 1 kali sehari, maksimal tidak ditentukan. Akan tetapi saran saya anda tidak memposting lebih dari 25 post tiap harinya.
  2. Buat loading anda seringan mungkin, sehingga para pembaca nyaman untuk pembaca di blog anda. Jika anda tidak tahu caranya silahkan baca Cara membuat loading blog lebih cepat dan mempercepat loading blog secara spesifik.
  3. Buat iklan anda seminimal mungkin (Jangan terlalu banyak iklan).
  4. Permudah pencarian dalam blog anda, karena para pembaca anda biasanya orang awam yang tidak mengerti blog, sehingga mereka akan kesulitan jika blog archive atau label anda sulit dilihat.
  5. Jangan lupa selalu cantumkan sumber dari artikel yang anda ambil, agar anda tidak dianggap maling (scrapper).
Blog Tutorial / Blog Tips

Sesuai dengan namanya blog ini biasanya berisikan tutorial - tutorial dalam membuat blog. Jenis blog ini biasanya mengajarkan anda bagaimana cara mengelolah blog, dan mendapatkan keuntungan dari blogging. Karena hanya membahas seputar blogging, tutorial, tips, dan uang tentunya pembacanya lebih sedikit dari blog umum. Pembacanya biasa adalah para blogger pemula hingga pro, karena jarang orang mau membaca blog tutorial jika ia tidak tertarik untuk membuat blog.

Tips Untuk Blog Tutorial 
Tips yang saya berikan adalah
  1. Buat postingan yang bermutu dan unik.
  2. Jangan sering mengcopas artikel milik orang lain, jika mengcopy silahkan sediakan link back terhadap blog yang bersangkutan.
  3. Adanya frekuensi update yang teratur sehingga para pembaca akan terus datang ke blog anda.
  4. Rajin - rajinlah promosikan blog anda ke sobat blogger lainnya. Bacalah Tips blogwalking dan Cara mempercepat blogwalking.
  5. Jika blog anda belum terkenal, buat blog anda cepat dan mudah untuk diakses.
Blog Bisnis / Affiliate Blog

Jenis blog ini adalah blog yang menawarkan berbagai produk jualan di blog mereka. Biasanya blog ini menjual pakaian, barang elektronik, buku atau ebook, dll. Intinya mereka membuat blog untuk mempromosikan barang dagangan mereka. Biasanya pengunjung yang datang ke blog jenis ini adalah pengunjung yang memang sedang mencari barang, jadi jika tidak mau beli barang atau tidak suka dengan barang dagangannya otomatis akan langsung ditinggalkan oleh pengunjung.

Tips Untuk Blog Affiliate 
Tips yang saya berikan adalah
  1. Selalu Up to Date, artinya juallah barang yang sedang ngetren atau yang paling laku pada saat ini.
  2. Jujur dalam memberikan informasi barang yang anda jual. Janganlah berbohong kepada pelanggan, karena kunci kesuksesan dalam bisnis adalah kepercayaan.
  3. Jangan promosikan barang yang anda jual secara berlebihan kepada calon pembeli, karena nanti akan dikira produk sampah atau barang murahan yang banyak di internet.
  4. Beri kemudahan kepada pelanggan anda dalam mencari, dan membeli barang.
  5. Tawari calon pembeli dengan produk gratisan sehingga mereka akan tergiur untuk menjadi pelanggan anda.
  6. Beri kualitas yang baik dalam produk gratisan anda, dan janganlah memberikan informasi setengah - setengah di dalamnya. Karena para pengunjung paling benci akan hal tersebut.
Semua tulisan diatas berdasarkan pengamatan terhadap blog saya terdahulu yaitu muka-aneh dan blog - blog yang terkenal seperti blog O-om, kang rohman, dan mas doyok. Serta blog - blog lainnya yang pernah saya singgahi. Semoga tulisan saya bermanfaat. Terimakasih untuk sumber yang saya ikuti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]