Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]


Iklan PPC dibanding SEO mana yang lebih baik ? Mungkin bagi anda yang sudah lama menekuni dunia bisnis online, pertanyaan di atas tentu bukan hal yang asing lagi ditelinga. Namun bagi anda yang baru ingin menekuni dunia bisnis internet mungkin pertanyaan diatas sedikit membingungkan. Karenanya tujuan dari posting ini adalah bagi anda yang baru ingin memulai bisnis online internet.
Mari kita simak lebih seksama…
Apa itu PPC dan Apa itu SEO? Kelebihan dan kekurangan masing – masing apa saja? Serta mana yang lebih baik di antara keduanya?
PPC atau pay per click adalah model periklanan berbayar yang penghitungan biaya iklannya didasarkan jumlah klik. Contohnya seperti kliksaya.com, ppcindo.com, adsensecamp.com, dan yang lainnya.
Kelebihan PPC:
  • Menghasilkan traffik secara cepat. Baik anda sebagai pemilik produk atau affiliate, menggunakan iklan PPC adalah cara cepat mendatangkan traffik. Saat anda mulai pasang iklan PPC, saat itu juga traffik membanjir ke blog anda.
  • Anggaran iklan mudah diatur. Iklan yang dipasang bisa diatur sesuai anggaran dana yang tersedia. Saran saya, mulai dengan dana anggaran paling minimal sesuai aturan masing-masing penyedia layanan PPC. Dana anggaran iklan minimal dimaksudkan untuk menguji efektivitas pemasangan iklan.
  • Hasil terukur. Hasil yang anda dapat mudah diukur dengan menggunakan PPC. Anda bisa ukur dari laporan yang tersedia.
  • Pengeluaran terkontrol. Dana iklan yang anda belanjakan bisa dikontrol. Untuk awal pemasangan iklan, seperti saya bilang tadi, anda sebaiknya mulai dari dana iklan minimal.
  • Mudah dimonitor. Anda dengan mudah memonitor tampilnya iklan anda.
  • Hasil cepat. Kalau sudah ahli menggunakan PPC, bisa menghasilkan uang secara cepat.
Kekurangan PPC:
  • Perlu biaya. Untuk membayar jasa pemasangannya anda harus butuh uang,   Apalagi kalau baru awal pasang iklan, anda perlu lakukan uji coba pemasangan iklan untuk mendapatkan cara paling efektif pemasangan iklan.
  • Perlu tes. Dalam rangka pengetesan, untuk satu jenis produk, bisa jadi anda buat berbagai variasi pemasangan iklan.
  • Perlu persiapkan landing page. Pembuatan landing page yang efektif sangat menentukan tingkat keberhasilan pemasangan iklan anda. Karenanya anda perlu buat landing page yang efektif untuk promosi.
  • Kompetisi tetap ada. Karena bukan hanya anda yang pasang iklan, artinya iklan anda pun berkompetisi dengan iklan lain dalam memperebutkan perhatian. Karenanya anda perlu tahu bagaimana membuat iklan yang efektif.
Sedangkan SEO atau search engine optimization adalah upaya mengoptimalkan situs web anda, baik dengan optimasi internal maupun eksternal, agar situs web anda berada di urutan atas search engine. Atau minimal masuk halaman pertama search engine.
Kelebihan SEO:
  • Banjir traffik. Kalau situs web anda berhasil nangkring di urutan pertama, atau minimal masuk halaman pertama, situs web anda berpeluang besar mendapatkan limpahan traffik.
  • Biaya minimal. Tapi tetap perlu kerja dan waktu yang lumayan.
  • Mudah dipantau. Bisa dimonitor hasil dan perkembangannya lewat berbagai cara.
  • Software. Tersedia banyak software pendukung untuk memaksimalkan SEO yang anda lakukan.
  • Cepat terkenal. Makin sering situs web anda berada di urutan atas search engine, makin banyak orang yang mengenal web anda.
  • Layanan SEO. Kalau anda sukses meng-SEO-kan situs web anda, anda bisa ikut jalankan layanan jasa SEO.
  • Tidak harus anda sendiri. Untuk melakukan SEO, tidak harus anda sendiri yang melakukannya. Anda bisa cari orang atau gunakan jasa SEO untuk meng-SEO-kan situs web anda
Kekurangan SEO:
  • Boros waktu. Kalau anda lakukan sendiri, jelas perlu waktu dan tenaga ekstra. Karena SEO perlu dijalankan dan dimonitor setiap hari.
  • Tergantung search engine. Mengandalkan SEO berarti perkembangan situs web sangat tergantung search engine. Kalau posisi situs web anda kena gempa bumi alias tidak stabil posisinya di search engine, langsung penghasilan bisnis internet melorot.
  • Banyak hal teknis. Kalau anda lakukan SEO sendiri, anda perlu banyak belajar hal teknis jika ingin berhasil.
  • Ikuti perkembangan. Algoritma search engine terus berubah. Anda harus ikuti perkembangannya. Termasuk juga aturannya.
  • Kompetisi sangat tinggi. Karena semua web melakukan SEO, maka kompetisinya tinggi.
Perbandingan kelebihan dan kekurangan iklan PPC serta SEO diatas bisa menjadi tolak ukur mana yang harus anda tempuh untuk melakukan promosi yang efektif. Kalau menurut saya keduanya sangat efektif tapi disesuaikan dengan tingkat kemampuan yang anda miliki, kalau memang anda punya uang lebih kenapa tidak coba menggunakan layanan PPC tapi kalau hanya bermodalkan dengkul sebaiknya belajar dari sekarang tentang optimasi SEO. 
Mana yang akan anda pilih di antara keduanya? Silakan tentukan pilihan anda dengan mengisi kotak komentar.
Jika anda belum punya bisnis dan ingin belajar memulai bisnis internet saya rekomendasikan Formula Ajaib ini yang khusus ditujukan untuk pemula dan sudah terbukti bisa menghasilkan uang dari internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]